Selasa, 10 Februari 2009

sejarah ps3

PlayStation 3

PlayStation 3 atau lebih di kenal dengan sebutan PS3 adalah generasi terbaru dari konsol video game keluaran dari Sony Computer Entertainment's (SCEI) yang diklaim sebagai pemimpin pasar video game seri PlayStation. PlayStation 3 direncanakan akan diluncurkan pada musim semi 2006 sebagai penerus PlayStation 2 dan diramalkan akan bersaing ketat dengan Nintendo Revolution serta Xbox 360. Pihak Sony menjamin bahwa konsol PS 3 akan kompatibel kebelakang dengan semua disket permainan konsol pendahulunya yaitu PS1 dan PS2. Jadi gak usah kuatir deh. Untuk sementara ini sangat sedikit yang diketahui masyarakat mengenai kehebatan konsol PS3 selain dari kehebatan spesifikasi perangkat kerasnya. PS3 diramalkan akan jadi perbincangan banyak orang karena sangat mendukung API (Application Programming Interface) sebagai sarana pembuatan dan pengembangan games programming.

Sejarah PS3

PS3 secara resmi diperkenalkan pada tanggal 16 May 2005 oleh pihak Sony pada saat Konferensi E3 atau Konferensi Electronic Entertainment Expo di Los Angeles Convention Center di Los Angeles. Pada ajang ini konsol PS3 untuk pertama kalinya dipamerkan kepada public. Masih berbentuk prototype yang belum beroperasi secara penuh namun pihak Sony menjamin bahwa konsol PS3 yang dapat beroperasi penuh akan diluncurkan pada saat Tokyo Game Show tanggal 16-18 September 2005.

Harga & Tanggal Peluncuran

Harga retail dari system PS3 belum dikonfirmasikan. Pejabat teras Sony memberi isyarat bahwa harga PS3 akan berkisar kurang dari 40 ribu Yen atau sekitar USD 370. Kazuo Hirai dari pihak Sony mengatakan bahwa harga PS3 tidak akan dipatok terlalu mahal karena akan bersaing dengan harga Xbox 360.

Selama presentasi di ajang Konferensi E3, pihak Sony mengkonfirmasikan bahwa PlayStation 3 akan tersedia di pasaran pada musim semi 2006 dan akan lebih difokuskan secara serentak di Jepang dan Amerika Utara, sebagai taktik yang berbeda pada peluncuran pendahulunya yaitu PS1 dan PS2 (PS1 diluncurkan Desember 1994 di Jepang dan September 1995 di Amerika Utara, begitu pula PS 2, Maret 2000 di Jepang dan Ovtober 2000 di Amerika Utara.

Kehebatan & Kemampuan PS3


Bisa digunakan sebagai Personal Computer dengan penggunaan removable Hard Disk Drive dan Sistem Operasi Linux.

  • Kemampuan sebagai Video Enable Controller
  • Bisa digunakan untuk 12 saluran televisi
  • Video Chat dengan IP High Definition
  • EyeToy reality game interaktif
  • EyeToy voice command recognition
  • EyeToy virtual object manipulation
  • Digital Photograph display (JPEG)
  • MP3 dan ATRAC download dan playback
  • Simultaneous World Wide Web access dan gameplay
  • Wi-Fi router.


Dengan kemampuan sehebat tersebut di atas, tidak diragukan lagi bahwa PS akan menjadi booming dan merajai pasaran konsol video games paling mutakhir dan peluncuran Xbox sebagai pesaing tangguh PS3 bisa kehilangan pasar potensialnya jika tidak memiliki fitur yang lebih hebat dari PS3.

sumber:http://www.mail-archive.com/milis-orangmedan@yahoogroups.com/msg00213.html

1 komentar: